Bagaimana Tips Merawat Baterai Laptop?

Laptop telah menjadi media yang sangat membantu rutinitas pekerjaan seseorang, terutama bagi kamu yang mobilitasnya tinggi. Sesuai dengan bentuknya kecil, ringan, portable, sehingga laptop mudah untuk dibawa kemana-mana. Laptop juga memiliki baterai seperti halnya handphone yang berguna sebagai menyimpan sumber listrik untuk menyalakan laptop, tanpa perlu disambungkan dengan sumber listrik.

Seiring dengan penggunaan laptop, kamu pasti pernah mengalami beberapa masalah pada baterai laptop. Entah itu baterai tidak tahan lama, baterai not fully charged padahal sudah dicas berjam-jam, baterai sudah dicolok namun tidak nge-cas (plugged in, not charging), dan lain-lain.

Nah, bagaimana tips merawat baterai laptop?

Kamu pasti ingin tahu bagaimana tips merawat baterai laptop agar lebih tahan lama. Berikut ini beberapa tips merawat baterai laptop.
  1. Saat pertama kali membeli laptop, cas baterai sekitar 8-10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) sebaiknya dicas terlebih dahulu. Charging awal minimal 8 jam dimaksudkan untuk mencapai tegangan floating battery.
  2. Setiap menggunakan laptop lebih baik jika dicas terus, meski sudah full tetap dicas terus karena baterai tipe-tipe baru sudah mempunyai Control Battery. Artinya "jika full, baterai akan stop charging (stand by)". Jadi, laptop otomatis langsung pakai power listrik dan juga tidak membuat baterai soak/kembung.
  3. Jangan melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = "Apabila baterai penuh cabut adaptor dan setelah habis pasang adaptor".
  4. Saat menggunakan baterai (portabel/tanpa dicas), hindari (bermain game, putar DVD/CD, software dengan grafis tinggi). Jika masih ada power listrk mendingan dicas saja.
  5. 5 menit sebelum memakai laptop charging battery dulu, 5 menit setelah laptop dimatikan baru cabut adaptor. 5 menit sebelum maksudnya memberi kesempatan adaptor menghasilkan daya yg stabil. 5 menit sesudah shutdown, ini untuk colling down.
Diatas adalah beberapa tips merawat baterai laptop. Lebih baik rusak baterai kamu daripada laptop atau hardaware lain yang rusak.

Source: Kaskus

Comments

Popular Posts