Bagaimana Cara Memperpendek Link URL?

Apa yang dimaksud dengan URL? Menurut Wikipedia, URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Lalu apa manfaat memperpendek sebuah url?
Ada beberapa manfaat mengapa sebuah link URL diperpendek. Berikut beberapa manfaat mengapa sebuah link URL diperpendek:
  • Link URL terlihat lebih rapi dan mudah dikenal. Misalnya ada sebuah link dengan alamat http://www.mmmm.com/hhh-jjj-kkk-lll-mmm-ooo-ppp-qqq/. Sungguh ribet. Jika diperpendek dengan Google URL Shortener hanya http://goo.gl/xybHW. Lebih rapi dan berguna bukan?
  • Menyembunyikan link URL afiliasi.
  • Dapat menjadi sebuah layanan dalam sosial media. Misalnya mempromosikan sebuah produk dengan berkicau di twitter yang dibatasi sebanyak 140 karakter, sedangkan link URL saja sudah mengambil banyak karakter dan penjelasan tentang produk tidak muat.
Kemudian, bagaimana cara memperpendek link URL?
Ada banyak layanan memperpendek link URL, salah satunya adalah goo.gl atau Google URL Shortener kepunyaan Google. Berikut cara memperpendek link URL menggunakan Google URL Shortener: 
Caranya cukup mudah, buka goo.gl masukkan link URL yang diinginkan seperti gambar di atas dan klik 'Shorten URL'. Maka link yang sebelumnya disubmit akan menjadi link URL yang sudah diperpendek.

Selain goo.gl milik Google, masih banyak lagi layanan memperpendek link URL, seperti bit.ly dan tinyurl.

Comments

Popular Posts