Bagaimana Cara Membedakan Madu Yang Asli Dan Palsu?

Madu memang sudah terbukti banyak khasiatnya. Tidak hanya untuk pengobatan, madu juga dapat digunakan untuk kecantikan. Madu sangat baik bagi tubuh, terbukti kebiasaan mengkonsumsi madu telah dilakukan secara turun-menurun. Namun, bagaimana membedakan madu yang asli dan palsu? Karena secara kasat mata madu asli dan palsu hampir tidak ada perbedaan atau susah dibedakan. Apalagi, buat sobat yang awam pengetahuan tentang madu. Langsung saja, berikut beberapa cara membedakan madu yang asli dan palsu.
  • Tuangkan sedikit madu kedalam gelas yang berisi air putih bening. Coba perhatikan dengan seksama, apabila madu tersebut mengendap dan terpisah dengan air tanpa mengeruhkan air maka madu tersebut dipastikan asli, sebaliknya jika madu tersebut bercampur baur sehingga air tersebut mengeruh maka madu tersebut dipastikan palsu.
  • Madu palsu sedikit terasa manis, sedangkan madu asli tidak akan terasa manis. Madu asli memiliki aroma khas yang tidak dapat disamakan dengan aroma madu palsu.
  • Basahi ujung kepala korek api kayu atau 'pentol'-nya dengan madu, kemudian coba nyalakan korek api tersebut. Jika korek api menyala, maka madu tersebut dipastikan asli, sebaliknya jika korek api tidak menyala, maka madu tersebut ada dugaan telah dicampur air, mengingat madu tidak mengandung air atau H2O.
  • Madu asli tidak akan kadaluarsa.

Comments

Popular Posts